Pentingnya Mengenal Psikologi Anak

Ketika sudah membahas tentang anak, maka tida ada kajian yang bisa menghabisnya. Hal ini yang akan membuat orang tua bingung. Untuk lebih mudah dalam menanganinya, maka perlu memahami betul sisi psikologi anak agar nanti tahu bagaimana baiknya untuk anak sampai mencapai dewasa. Ada delapan tahapan yang harus dipahami oleh orang tua sesuai dengan pendapat pakar psikologi. Dalam setiap tahapannya pasti ada dampak negatif dan positifnya. Di usia dini, banyak hal menarik dari anak sehingga memberikan anak selalu mencoba meski itu adalah hal yang membahayakan untuk dirinya sendiri. Dalam tahapan ini, pengawasan dan perang orang tua penting sekali. Selalu memberikan arahan dan dukungan yang baik adalah cara yang benar. Jangan sampai nanti memberikan nasihan yang sangat berlebihan sebab ini akan membuat pertumbuhan psikologinya terhambat.

Kecerdasan Psikologi Anak

Ada tujuh kecerdasan yang ada di psikologi anak sesuai dengan ahli psikologi anak. Di antaranya adalah:

  1. Dalam artian adalah sisi bahasa anak yang wajib untuk diarahkan oleh orang tua. Ketika masih usia dini anak masih belum fasih berbahasa dan perang orang tua penting untuk mengarahkan dan memberikan cara yang benar dalam berbahasa.
  2. Sisi akal anak yang masih sesuai realita juga perlu dikembangkan dengan mengarahkan mana yang baik dan mana yang buruk. Agar anak tahu dari dini dan ketika dewasa tidak tersesat.
  3. Untuk sisi berhitung anak yang masih dini juga perlu diasah dengan memberikan pengarahan atau berupa buku teks tentang perhitungan. Mulai dari pertambahan sampai perkalian.
  4. Anak diberikan sisi perhatian yang tidak terlalu berlebihan agar tahu bakatnya.
  5. Sebagai orang tua harus tahu sisi psikis anak dan jangan sampai memberikan tekanan yang keterlaluan.
  6. Setiap anak memiliki sisi bakat musik tersendiri. Apabila diasah dari dini, maka sisi musik dalam diri anak lebih mudah muncul dan memberikan hasil yang terbaik ketika dewasa.
  7. Sisi kelembutan anak juga harus diberikan pengarahan dan bisa membuat anak lebih santun dan sopan dengan orang lain.

Contoh Psikologi Anak

Contoh dari semua sifat dan kecerdasan anak salah satunya adalah ketika anak menangis berjam-jam. Orang tua wajib bisa mengatasi sisi emosi dari diri anak dan orang tua. Sebaiknya nanti orang tua tidak perlu bingung saat anak menaingis. Tenang dan tidak mudah kebingungan karena inilah sikap yang paling tepat. Sesuai dengan penelitian bahwa anak selalu menangis saat usia 2-3 tahun. Tangisan itu muncul itu karena tahap usianya sendiri. Jadikan tangisan anak sebagai musik dan hadapi dengan tenang. Orang tua selalu melatih reaksi yang diberikan anak.  Dengan mengguankan ilmu psikologi anak maka untuk mendidik anak mulai dari kecil sampai dewasa sangatlah mudah dan bisa memberikan dampak positif untuk pertumbuhan serta perkembangan anak. Sisi psikologi juga harus diterapkan oleh orang tua dari sisi fisik anak. Yaitu dengan memberikan pakaian yang pantas dan sopan. Supaya nanti lebih mudah mendapat pakaiannya, maka bisa langsung berkunjung di linkvazi grosir baju anak linkvazi yang sudah banyak kalangan orang tua menggunakan untuk memenuhi kebutuhan anak terutama masalah penampilannya. Dengan berpakaian yang tepat, maka nanti anak selalu percaya diri dan bebas dalam bermain tanpa ada tekanan sama sekali. Itu yang harus dilakukan untuk mengasah sisi psikologi pada anak.

 

Sewa Villa di Lembang<< >>Peluang Usaha Bakso, Bisnis yang Nggak Ada Matinya

About the author : cindy

Leave a Reply

Your email address will not be published.