Kematian Menurut Islam dalam Alquran dan Hadits

Dalam Islam diajarkan bahwa semua yang hidup pasti akan mati. Kematian menjadi sesuatu yang pasti yang telah ditetapkan Allah bahkan sebelum manusia lahir. Hari kematian pun selalu menjadi misteri karena tak seorang pun manusia yang bisa meramalkannya. Ketika sudah ditentukan umurnya oleh Allah, umur tersebut tidak bisa dipendekkan ataupun dipanjangkan. Oleh karena itu, dalam Islam seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan innalillahi. Kata-kata ini akan mengingatkan kita yang masih bernafas bahwa semua yang hidup pasti akan kembali padanya. Memperdalam kajian kematian menurut Islam sangat dianjurkan supaya manusia tidak bertindak sombong selama masih hidup.

Kematian Menurut Islam yang Tercantum dalam Alquran

Di dalam kitab suci Islam, ada banyak ayat yang menyebut tentang kematian. Jika kita mendalami ayat-ayat tersebut secara seksama dan tulus, air mata pasti senantiasa mengalir dari mata kita. Bahwa dunia yang sering memabukkan ini pada dasarnya adalah fana. Mereka yang tergiur dengan kenikmatan dunia bisa saja celaka. Cara terbaik agar selamat di dunia dan akhirat adalah dengan memperdalam kajian kematian menurut Islam. Kita bisa mendefiniskan kematian melalui beberapa petikan ayat Alquran berikut ini.

 

  1. Al Mukmin Ayat 10 – 11

Semasa hidup, mungkin kita hanya tahu bahwa hidup dan mati itu hanya sekali. Akan tetapi, nanti setelah kita ada di akhirat, kita baru mengerti bahwa hidup dan mati sebenarnya adalah dua kali. Manusia yang telah mati di dunia nantinya akan dibangunkan kembali pada hari kiamat dan dikumpal di Padang Mahsyar. Pada saat itu, akan terlihat jelas perbedaan antara orang kafir dan orang islam. Penjelasan ini bisa Anda temukan di Quran Surat Al Mukmin ayat 10 – 11.

 

  1. Al A’raaf Ayat 172

Dalam ayat selanjutnya, allah menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia awalnya berupa janin dalam rahim seorang ibu. Ketika janin berusia 120 hari, Allah akan meniupkan ruh ke dalam janin. Itulah awal kehidupan manusia yang pertama kali. Kemudian ketika telah sampai pada waktunya, Allah akan kembali memanggil hambanya ke sisinya.

 

  1. Surat Yasin Ayat 51-52

Kematian merupakan awal menuju babak kehidupan yang baru. Hal ini dijelaskan dalam surat Yasin ayat 51-52. Ketika terompet sangkakala telah ditiupkan, maka mereka yang telah mati akan dibangkitkan kembali. Pada saat inilah sebagian besar manusia akan merasa menyesal karena semasa hidup tidak berbakti kepada Allah SWT.

 

Kesimpulan Kematian Menurut Islam

Dari ketiga dalil Alquran di atas, bisa dijelaskan bahwa kematian bukanlah akhir dari perjalanan makhluk-Nya. Secara umum, pengertian mati adalah keluarnya roh dari jasad manusia. Secara ilmu medis, manusia dikatakan mati apabila jantungnya sudah tidak berdetak. Sementara menurut Islam, kematian adalah proses kembali kepada Allah dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya di dunia. Kematian adalah babak baru kehidupan yang kekal di mana surga dan neraka akan menanti kita di depan. Ada waktu di mana kita akan kembali dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita.

 

Sebagai manusia yang masih bernafas, tidak ada salahnya mengingat kematian dan mengingat hidup setelah mati. Dengan begitu, kita akan takut berbuat buruk karena perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan. Salah satu cara terbaik untuk mengingat kematian adalah dengan berkunjung ke areal perkuburan Al Azhar Memorial Garden Karawang. Setelah mengetahui pengertian kematian menurut Islam, kita harus lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Obat Herbal Asam Urat<< >>Sewa Villa di Lembang

About the author : cindy

Leave a Reply

Your email address will not be published.